M A T E R I
K E P E M I M P I N A N
DEFINISI
KEPEMIMPINAN
Apakah arti kepemimpinan?
Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa
pengertian kepemimpinan, antara lain:
- Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).
- Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7).
- Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984, 46).
- Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.
- Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques, 1990, 281).
Banyak definisi
kepemimpinan yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan dengan
proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Dalam kasus ini,
dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalam susunan aktivitasnya
dan hubungan dalam kelompok atau organisasi. John C. Maxwell mengatakan bahwa
inti kepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkan pengikut.
PENGERTIAN PEMIMPIN
Pemimpin adalah inti dari
manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat
dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang
mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat
orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang
aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin
pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama (Panji Anogara, Page 23).
TUGAS
DAN PERAN PEMIMPIN
Menurut James A.F Stonen, tugas utama seorang
pemimpin adalah:
1. Pemimpin
bekerja dengan orang lain
Seorang
pemimpin bertanggung jawab untuk bekerja dengan orang lain, salah satu dengan
atasannya, staf, teman sekerja atau atasan lain dalam organisasi sebaik orang
diluar organisasi.
2. Pemimpin
adalah tanggung jawab dan mempertanggungjawabkan (akontabilitas).
Seorang pemimpin bertanggungjawab untuk menyusun tugas menjalankan tugas,
mengadakan evaluasi, untuk mencapai outcome yang terbaik. Pemimpin bertanggung
jawab untuk kesuksesan stafnya tanpa kegagalan.
3. Pemimpin
menyeimbangkan pencapaian tujuan dan prioritas
Proses kepemimpinan dibatasi sumber,
jadi pemimpin harus dapat menyusun tugas dengan mendahulukan prioritas. Dalam
upaya pencapaian tujuan pemimpin harus dapat mendelegasikan tugas-tugasnya
kepada staf. Kemudian pemimpin harus dapat mengatur waktu
secara efektif,dan menyelesaikan masalah secara efektif.
4.
Pemimpin
harus berpikir secara analitis dan konseptual
Seorang pemimpin harus menjadi
seorang pemikir yang analitis dan konseptual. Selanjutnya dapat
mengidentifikasi masalah dengan akurat. Pemimpin harus dapat menguraikan
seluruh pekerjaan menjadi lebih jelas dan kaitannya dengan pekerjaan lain.
5. Manajer
adalah seorang mediator
Konflik selalu terjadi pada
setiap tim dan organisasi. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menjadi
seorang mediator (penengah).
6. Pemimpin
adalah politisi dan diplomat
Seorang pemimpin harus mampu
mengajak dan melakukan kompromi. Sebagai seorang diplomat, seorang
pemimpin harus dapat mewakili tim atau organisasinya.
7. Pemimpin
membuat keputusan yang sulit
Seorang pemimpin harus dapat memecahkan masalah.
Menurut Henry
Mintzberg, Peran Pemimpin adalah :
- Peran hubungan antar perorangan, dalam kasus ini fungsinya sebagai pemimpin yang dicontoh, pembangun tim, pelatih, direktur, mentor konsultasi.
- Fungsi Peran informal sebagai monitor, penyebar informasi dan juru bicara.
- Peran Pembuat keputusan, berfungsi sebagai pengusaha, penanganan gangguan, sumber alokasi, dan negosiator
PRINSIP-
PRINSIP DASAR KEPEMIMPINAN
Prinsip, sebagai paradigma
terdiri dari beberapa ide utama berdasarkan motivasi pribadi dan sikap serta
mempunyai pengaruh yang kuat untuk membangun dirinya atau organisasi. Menurut Stephen
R. Covey (1997), prinsip adalah bagian dari suatu kondisi,
realisasi dan konsekuensi. Mungkin prinsip menciptakan kepercayaan dan
berjalan sebagai sebuah kompas/petunjuk
yang tidak dapat dirubah. Prinsip merupakan suatu pusat atau sumber utama sistem pendukung
kehidupan yang ditampilkan dengan 4 dimensi seperti; keselamatan, bimbingan, sikap yang bijaksana,
dan kekuatan. Karakteristik seorang pemimpin
didasarkan kepada prinsip-prinsip (Stephen R. Coney) sebagai berikut:
1.
Seorang yang belajar seumur hidup
Tidak hanya melalui pendidikan formal, tetapi juga diluar sekolah.
Contohnya, belajar melalui membaca, menulis, observasi, dan mendengar.
Mempunyai pengalaman yang baik maupun yang buruk sebagai sumber belajar.
2.
Berorientasi pada pelayanan
Seorang pemimpin tidak dilayani tetapi melayani, sebab prinsip pemimpin
dengan prinsip melayani berdasarkan karir sebagai tujuan utama. Dalam memberi pelayanan, pemimpin seharusnya
lebih berprinsip pada pelayanan yang baik.
3.
Membawa energi yang positif
Setiap orang mempunyai energi
dan semangat. Menggunakan energi yang positif didasarkan pada keikhlasan dan
keinginan mendukung kesuksesan orang lain. Untuk itu dibutuhkan energi positif
untuk membangun hubungan baik. Seorang pemimpin harus dapat dan mau bekerja
untuk jangka waktu yang lama dan kondisi tidak ditentukan. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus dapat
menunjukkan energi yang positif, seperti ;
a.
Percaya pada orang lain
Seorang pemimpin mempercayai orang lain termasuk
staf bawahannya, sehingga mereka mempunyai motivasi dan mempertahankan
pekerjaan yang baik. Oleh karena itu, kepercayaan harus diikuti dengan kepedulian.
b.
Keseimbangan dalam kehidupan
Seorang pemimpin harus dapat menyeimbangkan
tugasnya. Berorientasi kepada prinsip kemanusiaan dan keseimbangan diri antara
kerja dan olah raga, istirahat dan rekreasi. Keseimbangan juga berarti seimbang
antara kehidupan dunia dan akherat.
c.
Melihat kehidupan sebagai tantangan
Kata ‘tantangan’ sering di interpretasikan negatif. Dalam hal ini
tantangan berarti kemampuan untuk menikmati hidup dan segala konsekuensinya.
Sebab kehidupan adalah suatu tantangan yang dibutuhkan, mempunyai rasa aman
yang datang dari dalam diri sendiri. Rasa aman tergantung pada inisiatif,
ketrampilan, kreatifitas, kemauan, keberanian, dinamisasi dan kebebasan.
d.
Sinergi
Orang yang berprinsip senantiasa hidup dalam sinergi dan satu katalis
perubahan. Mereka selalu mengatasi kelemahannya sendiri dan lainnya. Sinergi adalah kerja kelompok dan memberi
keuntungan kedua belah pihak. Menurut The
New Brolier Webster International Dictionary, Sinergi adalah satu kerja
kelompok, yang mana memberi hasil lebih efektif dari pada bekerja secara
perorangan. Seorang pemimpin harus
dapat bersinergis dengan setiap orang atasan, staf, teman sekerja.
e.
Latihan mengembangkan diri sendiri
Seorang pemimpin harus dapat memperbaharui diri sendiri untuk mencapai
keberhasilan yang tinggi. Jadi dia tidak
hanya berorientasi pada proses. Proses
daalam mengembangkan diri terdiri dari beberapa komponen yang berhubungan
dengan: (1) pemahaman materi; (2) memperluas materi melalui belajar dan
pengalaman; (3) mengajar materi kepada orang lain; (4) mengaplikasikan
prinsip-prinsip; (5) memonitoring hasil; (6) merefleksikan
kepada hasil; (7) menambahkan pengetahuan baru yang diperlukan materi;
(8) pemahaman baru; dan (9) kembali menjadi diri sendiri lagi.
Mencapai
kepemimpinan yang berprinsip tidaklah mudah, karena beberapa kendala dalam
bentuk kebiasaan buruk, misalnya: (1) kemauan dan keinginan sepihak; (2)
kebanggaan dan penolakan; dan (3) ambisi pribadi. Untuk mengatasi hal tersebut, memerlukan
latihan dan pengalaman yang terus-menerus. Latihan dan pengalaman sangat
penting untuk mendapatkan perspektif baru yang dapat digunakan sebagai dasar
dalam pengambilan keputusan.
Hukum alam
tidak dapat dihindari dalam proses pengembangan pribadi. Perkembangan
intelektual seseorang seringkali lebih cepat dibanding perkembangan emosinya.
Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencapai keseimbangan diantara
keduanya, sehingga akan menjadi faktor pengendali dalam kemampuan intelektual.
Pelatihan emosional dimulai dari belajar mendengar. Mendengarkan berarti sabar, membuka diri, dan
berkeinginan memahami orang lain.
Latihan ini tidak dapat dipaksakan.
Langkah melatih pendengaran adalah bertanya, memberi alasan, memberi
penghargaan, mengancam dan mendorong. Dalam proses melatih tersebut, seseorang
memerlukan pengontrolan diri, diikuti dengan memenuhi keinginan orang.
Mengembangkan
kekuatan pribadi akan lebih menguntungkan dari pada bergantung pada kekuatan
dari luar. Kekuatan dan kewenangan bertujuan untuk melegitimasi kepemimpinan
dan seharusnya tidak untuk menciptakan ketakutan. Peningkatan diri dalam pengetahuan,
ketrampilan dan sikap sangat dibutuhkan untuk menciptakan seorang pemimpin yang
berpinsip karena seorang pemimpin seharusnya tidak hanya cerdas secara
intelektual, tetapi juga emosional (IQ, EQ dan SQ).
LATIHAN 1
Analisis Perilaku Kepemimpinan
Pertanyaan
dibawah ini mengarah kepada situasi kerja atau pelaksanaan tugas tertentu yang
secara khusus melibatkan seorang pemimpin (yaitu diri anda sendiri), dan
seorang atau lebih staf bawahan anda. Permainan latihan analisis perilaku
kepemimpinan ini bertujuan untuk memberi umpan balik mengenai gaya kepemimpinan
anda selama ini. Permainan ini
menyajikan 20 pernyataan dan setiap pernyataan terdapat 4 pilihan kemungkinan
tindakan yang akan anda ambil. Untuk menyelesaikan permainan ini ikutilah
langkah-langkah dibawah ini dengan sejujur-jujurnya.
Petunjuk
Permainan
1. Bacalah
setiap pertanyaan dibawah ini dengan seksama.
2. Pilihlah salah satu dari 4 jawaban yang anda
rasakan paling sesuai dengan tindakan anda
selama ini atau dengan kata lain merupakan tindakan yang selalu anda
lakukan selama ini jika anda dihadapkan pada situasi yang sama.
3. Lingkari pilihan anda tersebut, dan jawablah
sejujur-jujurnya, karena alat ini tak akan bermanfaat jika anda tidak secara
jujur menjawabnya.
4. Kemudian ikutilah permainan ini langkah demi
langkah sehingga anda dapat menjawab dan mengisi semua jenis permainan ini.
Langkah
ke 1 : Menjawab Pertanyaan (waktu 15
menit)
1. Anda telah menugaskan salah satu bawahan
anda untuk menulis sebuah laporan tentang pengadaan perlengkapan baru ditempat
kerja/kantor anda. Ia sudah biasa anda beri tugas semacam itu dan biasanya ia
menyelesaikan tepat pada waktunya dengan dorongan dari anda. Sekarang,
laporan yang diminta dari dia sudah terlambat, maka anda akan ………….
- Mengatakan kepadanya bahwa anda menginginkan laporan itu segera, menjelaskan apa yang anda inginkan dalam laporan itu dan mengecek pelaksanannya setiap hari.
- Memberinya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas tersebut.
- Mengatakan kepadanya apa yang anda inginkan, kapan anda mau laporan itu beres, namun tetap mendiskusikan dengannya mengapa ia terlambat menyelesaikannya.
- Membicarakan masalahnya dengan bawahan tersebut dan memberi dorongan padanya agar segera menyelesaikan laporan tersebut.
2.
Satuan tugas kerja yang anda pimpin sedang bekerja
keras menyelesaikan laporan lengkap. Salah satu anggota tim yang selalu datang
terlambat dalam lima kali rapat terakhir, dan dia tidak memberi suatu alasan
atau menyatakan penyesalan dan minta maaf atas hal tersebut. Kelihatannya dia
memang sangat sibuk menyelesaikan perhitungan angka-angka biaya yang ditugaskan
kepadanya. Ia diperkirakan akan menyelesaikan tugas tersebut tiga hari
lagi. Maka anda akan ………
- Mengatakan kepadanya apa yang anda inginkan dan mengawasi pekerjaannya secara ketat setiap hari.
- Mendiskusikan dengannya mengapa ia terlambat dan memberinya dorongan untuk segera menyelesaikan tugas tersebut.
- Menegaskan kepadanya kapan angka-angka biaya itu diperlukan dan tetap mendorongnya untuk segera menyelesaikannya.
- Menganggap bahwa dia akan mampu dan segera menyajikan laporan tugasnya tersebut.
3.
Dulu, anda sempat terlibat dalam kesulitan menghadapi
seorang bawahan anda. Dia kelihatannya sudah jenuh, dan hanya dengan tekanan
dari anda dia dapat menyelesaikan tugas-tugasnya. Tetapi, sekarang anda mulai
merubah sikap dan ternyata dia mampu menyelesaikan tugasnya lebih baik dan
meningkat sedikit demi sedikit. Dia juga mulai kelihatan berusaha memperbaiki
dirinya sendiri. Maka anda akan…..
- Terus
mengarahkan dan mengawasi pekerjaanya secara ketat.
- Terus
mengawasi pekerjaannya, tetapi mulai mendengarkan saran-saran yang
diajukannya dan mendukung saran-saran tersebut sepanjang memang anda
anggap masuk akal.
- Mendukung saran-saran yang diajukannya, dan mendorongnya melaksanakan gagasan-gagasan tersebut.
- Membiarkannya bertanggungjawab penuh pada pekerjaannya sendiri.
4.
Kelompok kerja yang anda pimpin biasanya bekerja
efektif atas dorongan dan pengarahan dari anda. Beberapa minggu terakhir ini,
hasil kerja mereka ternyata menurun sangat drastis, dimana pekerjaan mereka
tidak selesai tepat pada waktunya dan kualitasnya juga tidak bisa
dipertanggungjawabkan. Maka anda akan ……….
- Membiarkan mereka memecahkan permasalahan yang ada oleh mereka sendiri.
- Meyakinkan mereka bahwa batas waktu pekerjaan itu dapat dipenuhi dan kualitas hasil kerja mereka cukup baik, tetapi juga membicarakan dengan mereka apa yang sebaiknya dapat dilakukan agar lebih baik lagi.
- Menyampaikan kepada mereka dengan jelas dan terperinci apa yang sesungguhnya anda inginkan, kapan hal itu anda butuhkan dan mengawasi kerja mereka secara ketat.
- Membantu mereka merumuskan apa yang sesungguhnya mereka butuhkan saat itu, apa yang mesti mereka kerjakan dan memberi dorongan untuk segera melakukan langkah-langkah berikutnya.
5.
Oleh karena kebijaksanaan pembatasan anggaran yang
tidak bisa diubah lagi, anda sekarang perlu melakukan konsolidasi dengan
seluruh bawahan anda. Anda lalu menugaskan salah satu bawahan anda yang paling
berpengalaman untuk melakukan konsolidasi tersebut. Dia sudah pernah melakukan
semua jenis pekerjaan yang menjadi tugas kelompok kerja anda. Dia juga sudah
dikenal sangat mudah membantu rekan kerjanya yang lain. Jadi anda merasa dia akan mampu menyelesaikan
tugas yang anda berikan sekarang dengan baik.
Namun, dia ternyata menganggap tugas kali ini sangat penting dan merasa
kurang mampu melaksanakannya dengan baik.
Maka
anda akan ……..
- Perintahkan dari melaksanakan tugas tersebut, tetapi dengarkan baik-baik apa pendapat dan saran-sarannya.
- Serahkan sepenuhnya tugas tersebut kepada dia dan biarkan dia menyelesaikannya menurut caranya sendiri.
- mendiskusikan
dengannya tentang keadaan yang ada sekarang, dan memberi dukungan penuh
agar dia bersedia menerima tugas tersebut, berdasarkan ketrampilan dan
pengalamannya selama ini.
- Perintahkan ia melaksanakan tugas tersebut dan tunjukkan secara jelas dan terperinci apa yang mesti ia lakukan, lalu awasi pekerjaannya dengan ketat.
6.
Seorang bawahan anda yang sudah anda kenal bisa bekerja
efisien dan sangat produktif, kini mengharapkan anda membantunya menyelesaikan
sebuah tugas khusus. Biasanya ia selalu menyelesaikan tugasnya secara efektif
dengan caranya sendiri. Akhir-akhir ini, beberapa permasalahannya memang muncul
dan tiba-tiba saja dia merasa tak mampu menyelesaikan tugas tersebut dengan
cara yang biasa dia tempuh.
Maka anda akan ……..
a.
Menganalisa permasalahan yang ada dan memberikan garis
besar metode untuk memecahkannya, kemudian memberi pengarahan kepadanya.
b.
Membiarkannya memecahkan permasalahan tersebut dengan
cara yang dia sendiri anggap paling tepat.
c.
Menentukan dan menerapkan cara pemecahan yang tepat,
namun tetap memintanya ikut dalam prosesnya.
d.
Mendiskusikan permasalahan yang ada dengannya dan
membantunya menemukan cara pemecahan yang tepat.
7. Anda
telah menugaskan seorang bawahan anda yang paling senior untuk menyelesaikan
sebuah tugas baru. Dalam pelaksanaan tugas selama ini, ia biasanya menampilkan
hasil kerja yang cukup baik hanya dengan sedikit pengawasan dan bantuan anda. Tugas
baru yang anda berikan pada dia sekarang ini adalah tugas penting yang sangat
menentukan masa depan anda dan semua bawahan anda. Ia pun lantas merasa ragu
dan tidak mampu melaksanakannya dengan baik. Maka anda akan ………
- Mendiskusikan
tugas tersebut dengannya dan memberi dukungan penuh pada kemampuannya
untuk menyelesaikan hal itu.
- Menetapkan
dengan jelas kegiatan apa saja yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan
tugas tersebut dan kemudian mengawasi pekerjaannya dengan ketat.
- Membiarkannya menetapkan sendiri bagaimana mengerjakan tugas tersebut.
- Merinci apa saja yang harus dikerjakannya, tetapi tetap memperhatikan gagasan yang mungkin dipunyainya.
8.
Salah satu
bawahan anda merasa tidak nyaman menerima suatu tugas yang anda berikan
kepadanya. Orang ini sesungguhnya memiliki kemampuan tinggi dan anda tahu ia
memiliki ketrampilan untuk menyelesaikan tugas tersebut secara efisien dan
berhasil baik. Maka anda akan …….
a.
Mendengarkan keluhannya dan kemudian memberinya
kesempatan untuk mengetahui bahwa anda sebenarnya sangat percaya pada
kemampuannya untuk menyelesaikan tugas tersebut.
b.
Menjelaskan perincian tugas tersebut secara lengkap,
namun tetap meminta saran-saran membangun yang mungkin.
c.
Mengatakan kepadanya apa yang harus dikerjakan untuk
tugas tersebut, dan mengawasi pekerjaannya setiap hari.
d.
Membiarkannya menetapkan sendiri bagaimana cara melakukan tugas tersebut
menurut caranya sendiri.
9.
Bawahan anda telah meminta pada anda untuk melakukan
suatu perubahan jadual kerja yang sudah ada. Biasanya, anda memang selalu memberanikan mereka untuk mengajukan usul
seperti itu dan mendukungnya. Dalam kasus ini, bawahan anda juga sangat sadar
akan perlunya perubahan jadual tersebut dan sudah siap dengan suatu usulan
alternatif jadual baru. Anda tahu semua bawahan anda merupakan satu kelompok
kerja yang baik dan mampu. Maka anda akan …………..
- Mengijinkan mereka terlibat penuh dalam penyusunan jadual baru dan mendukung usulan yang mereka ajukan.
- Merancang
dan memberlakukan jadual baru yang anda buat sendiri, namun tetap
memperhatikan usulan dari bawahan anda.
- Membiarkan mereka menyusun dan menerapkan jadual baru menurut cara mereka sendiri.
- Merancang
jadual baru oleh anda sendiri dan memberikan pengarahan langsung dalam
pelaksanaannya.
10. Anda
datang terlambat dalam suatu rapat dimana bawahan anda semuanya sudah hadir
lengkap. Berdasarkan pengalaman anda selama ini, anda berharap mereka sudah
memulai rapat itu dengan lancar. Anda memang melihat mereka sedang berdiskusi
dengan penuh semangat tentang tugas yang harus mereka selesaikan, dimana tugas
tersebut sangat berbeda dengan tugas-tugas yang biasanya mereka kerjakan selama
ini. Maka anda akan ...
- Membiarkan
mereka melanjutkan diskusinya tanpa pengarahan lagi dari anda.
- Mengambil alih pimpinan rapat segera dan memberikan pengarahan pada mereka.
- Memberikan pengarahan tentang pelaksanaan tugas tersebut, namun tetap mendorong mereka melanjutkan diskusinya.
- Membiarkan mereka melanjutkan diskusinya sambil sesekali melontarkan pendapat dan dukungan anda jika perlu.
11. Seorang
bawahan anda memiliki catatan prestasi kerja yang cukup baik selama ini berkat
dorongan anda kepadanya meskipun anda sedikit sekali memberinya pengarahan.
Sekarang ini dia mendapat tugas yang sama yang harus diselesaikan sampai tahun
depan. Anda harus memutuskan bagaimana cara pengawasan yang akan anda
berlakukan kepadanya. Maka anda akan ………….
- Membiarkannya menyelesaikan tugas tersebut dengan caranya sendiri.
- Menekankan kepadanya tentang pentingnya tugas tersebut diselesaikan tepat pada waktunya dan mengarahkan usaha apa yang mesti ia lakukan untuk menyelesaikannya.
- Membicarakan dengannya tentang tujuan akhir dan sasaran tugas tersebut, namun tetap meminta pendapatnya sendiri.
- Melibatkan diri dalam penetapan tujuan tugas tersebut bersamanya dan mendukung apa yang sedang ia laksanakan.
12. Di
masa lalu, anda sudah bekerja baik dengan semua bawahan anda dengan pengarahan
dan dorongan anda. Produktivitas yang dicapai tinggi dan mereka semua
bekerjasama dengan baik, Mengenal sifat mereka ini, anda yakin mereka kini
sudah mampu bekerja lebih baik dengan cara mereka sendiri. Anda sendiri sudah
lebih banyak mengerahkan tenaga anda pada tugas-tugas baru lainnya dan mereka
tetap berhasil baik. Sekarang anda bermaksud memberikan kepada mereka
tugas-tugas baru ini sebagai tugas tambahan bagi mereka. Maka anda akan ………
- Memberikan tugas itu langsung kepada mereka, meyakinkan mereka bahwa mereka tahu apa yang mesti dikerjakan, dan kemudian mengawasi mereka secara ketat.
- Memberikan tugas itu kepada mereka sambil mengatakan pada mereka bahwa anda sangat senang dengan prestasi kerja selama ini dan meyakinkan bahwa mereka akan mampu juga menyelesaikan tugas baru ini dengan baik.
- Meyakinkan mereka bahwa mereka tahu apa yang anda inginkan dari mereka, namun tetap memperhatikan saran-saran yang mungkin mereka ajukan.
- Membiarkan mereka menentukan sendiri bagaimana cara menyelesaikan tugas baru tersebut.
13. Baru-baru
ini anda sudah menugaskan seorang karyawan baru untuk menyelesaikan suatu tugas
penting. Meskipun dia sebenarnya tidak berpengalaman dan kurang percaya diri
dalam melaksanakan tugas seperti itu, namun anda merasa bahwa dia sesungguhnya
memiliki kemampuan dan potensi untuk itu. Maka anda akan………….
- Membiarkannya
untuk menentukan sendiri apa yang harus dan akan dilakukannya.
- Mengatakan
kepadanya secara jelas dan terperinci apa yang harus dia lakukan, apa yang
anda harapkan darinya, kemudian mengawasinya secara ketat.
- Memberinya
kesempatan untuk mengetahui apa yang anda inginkan agar dikerjakannya,
namun juga menantikan apakah ada pendapat dan saran darinya.
- Membiarkannya menentukan sendiri cara menyelesaikan tugas tersebut.
14. Atasan anda telah menugaskan anda dan staf
anda untuk meningkatkan produktivtas kerja 10% dari yang sudah ada. Anda tahu
hal itu dapat dilakukan, namun menuntut keterlibatan penuh anda sendiri dalam
pelaksanaannya, untuk meringankan beban kerja, anda menugaskan salah satu
bawahan anda untuk mengerjakan secara penuh salah satu bagian penting dari
rencana peningkatan produktivitas 10% tersebut. Orang ini memang sudah terbiasa
dan sangat berpengalaman dalam hal tersebut, namun kelihatannya dia sedikit
ragu apakah dia memang mampu mengerjakannya. Maka anda akan…………
- Menanyakan apakah ia sanggup untuk itu, dan memberikan dorongan semangat kepadanya.
- Mendiskusikan tugas tersebut dengannya, kemudian menjelaskan bagaimana anda menginginkan tugas itu, namun tetap memperhatikan kemungkinan adanya gagasan baru darinya.
- Menugaskan langsung dan membiarkannya sendiri menetapkan bagaimana cara melaksanakan tugas tersebut.
- Menugaskan langsung dan mempersiapkan suatu catatan terperinci yang menjelaskan langkah demi langkah yang perlu dilaksanakan untuk mengerjakan tugas tersebut.
15. Salah
satu bawahan anda telah mengajukan suatu
saran perubahan tata kerja yang cukup menarik dan mengesankan bagi anda sendiri.
Pada waktu-waktu yang lalu, ia memang sudah membuktikan, mampu mengemukakan dan
menerapkan saran-saran perbaikan yang berdaya hasil dengan dukungan penuh dari
anda, karena itu anda sangat mempercayai kemampuannya. Maka anda akan ………
- Mengambil
alih saran tersebut dalam pelaksanaannya dan mengarahkan dia untuk
menerapkannya.
- Mendiskusikan
saran tersebut dengannya dan mendukung usaha yang ia lakukan untuk
menerapkannya.
- Mengorganisir segera pelaksanaan saran tersebut, namun tetap menyebutkan bahwa dialah sumber gagasan itu.
- Memberinya tanggungjawab penuh untuk menerapkan saran tersebut tanpa campur tangan anda sama sekali.
16. Karena
masalah keluarga, anda terpaksa tidak bisa menghadiri dua rapat terakhir sebuah
panitia yang anda pimpin. Setelah itu anda menghadiri rapat yang ketiga, dan
anda sudah menemukan bahwa para anggota kepanitiaan bawahan anda sudah
berfungsi baik dan membuat banyak kemajuan kerja, Anda sendiri merasa kikuk
tentang bagaimana caranya menyesuaikan diri ke dalam kelompok yang sudah berjalan
itu dan agak ragu apa peranan yang semestinya anda kerjakan. Maka anda
akan …….
- Tetap hadir terus, tetapi mempersilahkan mereka terus melanjutkan pekerjaan mereka yang sudah berjalan selama ini.
- Menganggap anda tetap pemimpin mereka, kemudian mulai memberikan pengarahan pada apa yang sudah dan akan mereka lakukan.
- Melakukan hal-hal yang akan membuat mereka semua merasa dianggap penting dan dilibatkan, kemudian mendukung usaha-usaha yang sudah dan akan mereka lakukan.
- Mengarahkan
langsung kegiatan mereka, namun tetap memperhatikan saran-saran yang
mereka ajukan.
17. Semua bawahan anda adalah orang-orang yang
berkemampuan dan dapat mengerjakan tugas mereka dengan baik menurut cara mereka
sendiri. Anda biasanya sering meninggalkan mereka dan mewakilkan tanggungjawab
kepemimpinan anda kepada salah satu di antara mereka. Biasanya pada saat inilah
hasil kerja mereka semua menjadi tidak memuaskan. Maka anda akan……..
- Melanjutkan dukungan anda pada mereka sambil mencoba menumbuhkan terus menerus semangat kerja mereka.
- Memberikan
pengarahan dan melakukan pengawasan ketat terhadap semua kegiatan mereka.
- Membiarkan mereka terus bekerja dengan cara mereka sendiri.
- Mengerahkan
langsung kegiatan mereka, namun tetap bekerja sama dengan mereka untuk
menampung saran-saran yang mungkin dapat mereka berikan.
18. Anda sudah sependapat dengan bawahan anda
untuk memberlakukan suatu aturan tata kerja baru jika beberapa sasaran jangka
panjang pekerjaan anda sudah dapat dicapai nanti. Pengalaman-pengalaman anda
sebelumnya menunjukkan bahwa jika suatu tata kerja baru diterapkan, bawahan
anda biasanya cukup mudah untuk menyesuaikan diri dan melaksanakannya meskipun
pada awalnya selalu mengalami kesulitan karena belum terbiasa atau trampil
mengerjakannya. Maka anda akan…..
- Melaksanakan
langsung tata kerja baru tersebut secara ketat.
- Meyakinkan
mereka bahwa anda akan mengarahkan langsung tata kerja baru tersebut,
namun mengajak mereka mendiskusikannya.
- Mengajak
mereka mendiskusikannya dan mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif
dan bekerja sama untuk melaksanakannya.
- Mengijinkan mereka melaksanakannya dengan cara mereka sendiri.
19. Anda
baru saja diangkat sebagai ketua suatu satuan tugas khusus. Di bawah pimpinan
ketua yang lama, para anggota satuan tugas telah melaksanakan pekerjaan mereka
dengan cukup memuaskan berkat adanya pengawasan dan dorongan dari sang ketua
lama. Sejak anda mengambil alih jabatan ini, ternyata para anggota lebih banyak
tertarik melakukan kegiatan-kegiatan sosial daripada mengerjakan tugas-tugas
pokok mereka. Akibatnya adalah hasil dan mutu pekerjaan mereka menurun sekali.
Maka anda akan………..
- Mendiskusikan hasil dan mutu pekerjaan yang memburuk tersebut dengan mereka dan mendorong mereka untuk merinci tindakan-tindakan perbaikan yang biasa dilakukan.
- Menetapkan
peran dan tanggung jawab serta mengawasi pekerjaan mereka secara ketat.
- Membiarkan mereka merumuskan tugas-tugas dan tanggungjawab mereka sendiri.
- Mengerahkan dan mengorganisir tindakan perbaikan, namun tetap meyakinkan mereka bahwa saran-saran mereka akan anda perhatikan baik-baik.
20. Salah
seorang bawahan anda mendapat suatu tugas baru yang ia sendiri sebenarnya masih
kurang berpengalaman dalam melaksanakan tugas baru seperti itu. Tapi dalam tugas-tugas lain selama ini, ia mampu
mengerjakan dengan baik. Maka anda akan……
- Menjelaskan
kepadanya apa yang harus ia lakukan, namun tetap merangsang semangatnya
untuk bersedia menerima tugas barunya kali ini.
- Menyerahkan
penuh tugas baru itu kepadanya dan membiarkannya menentukan cara terbaik
untuk mengerjakan tugas tersebut.
- Membuatnya berani mencoba tugas tersebut dan mendorong usaha yang akan dilakukan nanti.
- Mengatakan kepadanya secara jelas dan terperinci apa yang harus dikerjakannya untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan berhasil kemudian mengawasinya secara ketat.
Mengisi Lembar skor Analisis Perilaku Kepemimpinan
Langkah 2: waktu 5 menit
Setelah selesai memberi jawaban dari 20 pertanyaan
tersebut diatas dengan memberi lingkaran pada huruf-huruf a,b,c, atau d, isilah
lembar skor 1-4, 2-4, 3-4, dan 4-4. hasil
skor akan menunjukkan gaya kepemimpinan anda yang merupakan suatu Stereotip,
artinya kecenderungan untuk melakukan gaya yang sama pada semua situasi. Guna meningkatkan efektifitas kepemimpinan
anda, mengetahui ke arah mana seseorang harus mengubah gayanya yang disesuaikan
dengan tuntutan situasi dengan interaksinya terhadap bawahannya.
Pindahkan
hasil pengisian kuesioner Analisis Perilaku Kepemimpinan yang sudah anda isi ke
dalam kolom-kolom tabel di bawah ini, dengan memberi tanda lingkaran pada huruf
yang sesuai pada setiap butir jawaban sesuai dengan ke 20 pertanyaan diatas.
Nomor
|
G-1
|
G-2
|
G-3
|
G-4
|
||
1.
|
A
|
C
|
D
|
B
|
||
2.
|
A
|
C
|
B
|
D
|
||
3.
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
4.
|
C
|
B
|
D
|
A
|
||
5.
|
D
|
A
|
C
|
B
|
||
6.
|
A
|
C
|
D
|
B
|
||
7.
|
B
|
D
|
A
|
C
|
||
8.
|
C
|
B
|
A
|
D
|
||
9.
|
D
|
B
|
A
|
C
|
||
10.
|
B
|
C
|
D
|
A
|
||
11.
|
B
|
C
|
D
|
A
|
||
12.
|
A
|
C
|
B
|
D
|
||
13.
|
B
|
C
|
D
|
A
|
||
14.
|
D
|
B
|
A
|
C
|
||
15.
|
A
|
C
|
B
|
D
|
||
16.
|
B
|
D
|
C
|
A
|
||
17.
|
B
|
D
|
A
|
C
|
||
18.
|
A
|
B
|
C
|
D
|
||
19.
|
B
|
D
|
A
|
C
|
||
20.
|
D
|
A
|
C
|
B
|
||
A
(Jumlah)
|
|
|
|
|
||
Selisih
dgn 5
|
|
|
|
|
||
Hasil
|
|
+
|
+
|
+ =
|
||
Kurangi dengan
30
-
B (Nilai
Mutlak setelah dikurangi dengan angka 30)
………….
Langkah ke 3: waktu 5 menit
Pindahkan
hasil pengisian kuesioner Analisis Perilaku Kepemimpinan yang sudah anda isi ke
dalam kolom-kolom tabel di bawah ini, dengan memberi tanda lingkaran pada huruf
yang sesuai pada setiap butir pertanyaan.
Nomor
|
Buruk
|
Cukup
|
Baik
|
Sempurna
|
1.
|
B-4
|
D-3
|
A
|
C
|
2.
|
D-4
|
B-3
|
C
|
A
|
3.
|
D-4
|
C-3
|
A
|
B
|
4.
|
A-4
|
D-3
|
B
|
C
|
5.
|
D-1
|
B-4
|
A
|
C
|
6.
|
A-1
|
C-2
|
B
|
D
|
7.
|
C-4
|
A-3
|
D
|
B
|
8.
|
C-1
|
B-2
|
D
|
A
|
9.
|
D-1
|
B-2
|
A
|
C
|
10.
|
A-4
|
B-1
|
D
|
C
|
11.
|
B-1
|
C-2
|
D
|
A
|
12.
|
A-1
|
C-2
|
D
|
B
|
13.
|
A-4
|
D-3
|
C
|
B
|
14.
|
D-1
|
B-2
|
C
|
A
|
15.
|
A-1
|
C-2
|
B
|
D
|
16.
|
B-1
|
D-2
|
C
|
A
|
17.
|
B-1
|
D-2
|
A
|
C
|
18.
|
D-4
|
C-3
|
A
|
B
|
19.
|
C-4
|
A-3
|
D
|
B
|
20.
|
B-4
|
C-3
|
D
|
A
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kalikan
dgn
|
1
|
2
|
3
|
4
|
C (Hasil)
|
|
+
|
+
|
+ =
|
Langkah ke 4:
waktu 5 menit
Pindahkan hasil penilaian di
atas pada matriks di bawah ini:
Hasil jumlah terbesar pada lajur
A dari kolom G-1, G-2, G3, G4 ke dalam matriks yang berkode sama di bawah ini.
Ini merupakan Gaya Kepemimpinan Pertama
G-3
|
G-2
|
G-4
|
G-1
|
Langkah ke 5: waktu 5
menit
Hasil Jumlah
dari lajur A yang ³ 4
pada kolom G-1, G-2, G3, G4 ke dalam matriks yang berkode sama di bawah ini.
Ini merupakan Gaya Kepemimpinan Kedua
G-3
|
G-2
|
G-4
|
G-1
|
Langkah ke 6: waktu 5 menit
Hasil jumlah
dari lajur A yang kurang < 4 pada kolom G-1, G-2, G3, G4 ke dalam matriks
yang berkode sama di bawah ini. Ini merupakan Gaya Kepemimpinan yang bisa lebih
dikembankan.
G-3
|
G-2
|
G-4
|
G-1
|
Langkah ke 7: waktu 5 menit
Pindahkan
hasil perhitungan akhir (Lajur B) pada grafik di bawah ini dengan memberi
garis. Besarnya hasil dalam perhitungan ini berkorelasi positif secara linear
dengan tingkat keluwesan Gaya Kepemimpinan yang anda miliki
|
|
|
|
|
|
|
0
|
5
|
10
|
15
|
20
|
25
|
30
|
Langkah ke 8:
waktu 5 menit
Pindahkan hasil penilaian di atas
ke grafik dan matriks berikut:
Pindahkan hasil perhitungan akhir (lajur C) ke grafik berikut. Nilai ini
memiliki korelasi linear yang positif dengan tingkat keefektifan Gaya
Kepemimpinan anda. Semakin tinggi nilai yang anda peroleh, maka semakin
efektif gaya kepemimpinan anda.
80
|
|
70
|
|
60
|
|
50
|
|
40
|
|
30
|
|
20
|
|
10
|
|
Langkah ke 9: waktu 5 menit
Hitung berapa
banyaknya nilai-nilai 1, 2, 3 dan 4 masing-masing kolom Buruk dan Cukup,
kemudian pindahkan pada matriks di bawah ini (banyaknya nilai 1 pada matriks
G-1, nilai 2 pada G-2, nilai 3 pada G-3 dan nilai 4 pada G-4. Jumlah nilai
sebanyak 3 atau lebih pada setiap matriks di atas menunjukkan bahwa pada
kepemimpinan tersebut anda merupakan Stereotip,
artinya kecenderungan untuk melakukan gaya yang sama pada semua situasi
G-3
|
G-2
|
G-4
|
G-1
|
Hasil Analisis Perilaku Kepemimpinan
Hasil skor akan
menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan anda yang merupakan suatu Stereotip,
artinya kecenderungan untuk melakukan gaya yang sama pada semua
situasi. Dengan mengetahui skor ini,
maka anda efektif atau tidak efektifnya gaya kepemimpinan anda. Guna meningkatkan efektifitas kepemimpinan
anda, dan mengetahui kearah mana seseorang harus mengubah gayanya untuk
disesuaikan dengan tuntutan dengan tuntutan situasi dengan interaksi kepada
bawahannya.
LATIHAN II :
·
Kerja Kelompok :
30 Menit
·
Presentasi
dan Diskusi Pleno : 40 menit
1.
Sebelum kuliah singkat, tulislah peran seseorang yang
anda anggap pemimpin di organisasi anda
atau seseorang dimana anda pernah bekerja dimasa lalu. Tulis lima alasan
mengapa anda berpikir bahwa dia adalah seorang pemimpin yang baik?
2.
Setelah kuliah singkat. Lihat catatan anda dan
pertimbangkan apakah hal lain yang dapat ditambahkan? Salah satu hal yang
seharusnya dirubah.
3. Pertimbangkan
apa yang telah anda pelajari ingin dirubah dan menempatkan orang lain untuk
menjadi pemimpin anda? Jika ya,
mengapa anda berpikir bahwa dia dapat menjadi pemimpin yang baik?
4. Kerjakanlah latihan sendiri, dan jangan
berdiskusi dengan teman di sebelah duduk anda.
KESIMPULAN
Beberapa
definisi kepemimpinan menggambarkan ‘asumsi’ bahwa kepemimpinan adalah proses
mempengaruhi orang, baik individu maupun
kelompok. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana,
mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai
tujuan bersama. Karakteristik seorang
pemimpin didasarkan pada prinsip-prinsip belajar seumur hidup, berorientasi
pada pelayanan dan membawa energi positif.
Tujuan manajemen dapat tercapai bila organisasi memiliki memiliki
pemimpin yang handal.
EVALUASI
1.
Apakah arti kepemimpinan ?
2.
Jelaskan pengertian pemimpin !
3.
Jelaskan prisip-prinsip dasar kepemimpinan !
4.
Apa manfaat yang anda rasakan setelah melakukan tugas
perorangan dalam menganalisa perilaku
kepemimpinan ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar